terima kasih sudah berkunjung ke blog kami....sapa kami di buku tamu...maka kami akan menyapa website anda kembali.....follow kami dengan berbagai macam artikel yang akan terus kami update...maka kami akan meng follow anda kembali.....mari sesama bloger saling mendukung ,sharing dan membantu....semoga bermanfaat buat kita semua

cari artikel di blog ini

INVESTIGATION

TECHNOLOGY

REVIEW

UNCATEGORIES

FASHION

HOBBY

BISIK-BISIK

HEALTHCARE

KULINER

LIVE REPORTS

CATATAN KAKI


Cara menyembunyikan tampilan item pada blog dengan display:none

Share this history on :

Saya melanjutkan artikel sebelum nya yaitu cara menyembunyikan widget pada blog, dimana saya menerangkan cara-cara agar widget tertentu di sembunyikan di halaman home atau fullpost. Sekarang saya menerangkan cara menyembunyikan item pada blog secara global (keseluruhan page) dengan display none,dimana perbedaan nya adalah cara yang satu ini lebih mudah namun effek nya besar.

Menyembunyikan widget seperti artikel saya sebelum nya hanya pada widget tertentu saja, tapi menyembunyikan  item (bisa berupa widget/sidebar/footer). Tentu saya lakukan ini jika saya menginginkan tampilan secara global berbeda dengan tampilan global lainya yang berbeda pula (antara home dan fullpost)

Kode ini terjadi dilingkungan <head></head>.



  • Masuk ke draft blogger




  • Masuk ke design html nya




  • Save dulu tamplate kamu mencegah kerugian yang nantinya akan kamu alami jika kamu ingin coba-coba dan tidak sesuai dengan keinginan kamu




  • Centang widget expand nya






  • <b:if cond='data:blog.pageType == "item"'>
    <style>
    #html5{display:none;}
    </style>
    </b:if>
    Itu adalah kode yang akan kamu masukan ke dalam lingkungan head. Perhatikan kode berwarna biru itu, dia adalah nama ID widget yang akan kamu perintahkan untuk menghilang ketika di halaman fullpost namun akan hadir selalu di halaman home.

    <b:if cond='data:blog.url == data:blog.homepageUrl'>
    <style>
    #footer-wrapper{display:none;}
    </style>
    </b:if>
    Lalu perhatikan kode diatas, kode itu akan kamu tulis jika kamu menginginkan item tertentu untuk menghilang di lahaman home (kebalikan nya dari kode yang saya kasih sebelum nya). Perhatikan juga kode berwarna hijau itu karena kamu harus mengenali id item yang ingin kamu perintahkan untuk menghilang.

    Yang terjadi ketika kamu menulis itu  adalah footer blog kamu tidah tampil di halaman muka, nah bagaimana jadinya jika saya ingin tampilkan kembali di halaman lain (seperti fullpost misalnya). Maka kamu hanya menuliskan display none nya menjadi display yes.

    Gunakan nalar kamu untuk menentukan bagian mana yang bagus ditampilkan dan bagian mana yang tidak karena itu akan menentukan blog kamu menjadi dynamis dan terlihat segar seperti layaknya website profesional karena bloger adalah hosting web yang sangat terbatas soal dinamika halaman nya, jadi kamu harus pintar soal ini.

    tips untuk pintar menggunakan cara ini:

    • pastikan kamu mengenal benar id item/widget kamu.
    • beri nama (title) pada semua widget kamu biar tidak bingung
    • ada beberapa item akan hilang di design page element kamu ketika kamu mengsave edit html yang mana item kamu itu di display none. jadi jangan bingung mengapa widget kamu tak bisa kamu edit di page element, caranya tampilkan kembali widget yang di display none itu lalu save dan kembali ke page elemen agar bisa kamu edit,lalu save kembali di display none ke edit html.

    Related Posts



    2 comments:

    Ingin nyoba resep yg ini v takut error...maklum nyubie gan, lum bgitu paham kode2 kyk gt...

    tak perlu takut ....namanya juga belajar....kalo tak dicoba..tak ada pengalaman dunk

    Post a Comment