terima kasih sudah berkunjung ke blog kami....sapa kami di buku tamu...maka kami akan menyapa website anda kembali.....follow kami dengan berbagai macam artikel yang akan terus kami update...maka kami akan meng follow anda kembali.....mari sesama bloger saling mendukung ,sharing dan membantu....semoga bermanfaat buat kita semua

cari artikel di blog ini

INVESTIGATION

TECHNOLOGY

REVIEW

UNCATEGORIES

FASHION

HOBBY

BISIK-BISIK

HEALTHCARE

KULINER

LIVE REPORTS

CATATAN KAKI


Paint Balls Rule!!

Share this history on :

 

Paint balls berarti bola cat ,yang dimaksud adalah  peluru cat yang dipakai ke senapan angin untuk menembak ke team lawan. yup..ini adalah sebuah permainan sports  yang membutuhkan ketangkasan dan kerjasama team. Belakangan olah raga yang dulu nya dipakai sebagai simulasi tentara/polisi dalam berlatih ketangkasan menembak di lapangan di gemari masyarakat indonesia akhir-akhir ini. Anak-anak sampai bahkan bapak-bapak tak kenal umur dalam menikmati olahraga ini.

Perlengkapan bermain paintball :
Paintballs Gun
Ini adalah perlengkapan utama painball, yaitu senapan cat nya. Senapan yang kualitas rendah biasanya seharga Rp.120.000,00. Senapan mahal bisa sampai 500ribu. Sama hal nya senapan asli paintballs gun juga ada specifikasi  nya tergantung kualitas nya, bisa berupa kecepatan angin yang di tembak, pedal senapan yang mantab, bobot senjata dan banyak nya peluru yang ditampung senapan.

Google/atau pelindung mata
Ini adalah equipmen wajib untuk semua pemain paintball. Walau  peluru yang di tembakan senapan adalah peluru lunak yang diisi air cat namun resiko peluru yang ditembakan senapan berkekuatan senapan angin burung cukup mematikan jika mengenai mata.


Paint Bullet Ammo
Peluru amunisi paint ball adalah berupa kapsul gelatin bulat yang mengandung polyethylene glycol, zat yang tidak beracun dan dapat larut dalam air. Kualitas dari peluru ini bisa dilihat dari bentuk kebulatan nya, lalu kulit nya sangat tipis, catnya berwarna cerah dan susah dihapus selama pertandingan berlangsung.


Selebih nya perlengkapan lainnya yang menunjang atau perlengkapan sekunder seperti cammoflauge (seragam kamuflase) ,pelindug kepala (helmet), pelindung siku, pelindung dengkul bisa di tambahkan.

Adapun peraturan permainan ini beragam tergantung screnario nya.
Macam-macam scenario paint balls:

  • Capture the Flag. artinya menangkap bendera. Dimana ke dua team akan saling merebut bendera musuh, dan siapa yang pertama kali mendapatkan bendera dia yang menang.
  • Elimination, artinya pemusnahan. Dimana team mana yang anggota duluan habis tertembak dialah yang kalah
  • Survival, artinay bertahan hidup. Pemainan ini  dimana seseorang bertahan hidup sendirian dari gempuran team lainnya
  • Battle Royal, pemainan ini saling serang sampai habis seluruh pemainnya. Yang terakhir hidup adalah pemenang nya.
Bagaimana dengan keamanan dan cedera yang diakibatkan dari permainan ini?

Semua olah raga selalu ada resiko cedera nya. Paint ball memang termasuk olahraga berbahaya jika peluru nya ditembak tanpa persiapan dan jarak yang dekat, namun berdasarkan statistik dan survei yang di teliti di amerika, pemainan paintball termasuk aman daripada olahraga lainya.

Tingkat cedera pertahun nya dari olahraga ini adalah 45 orang per 100.000, dimana 45 orang terluka diantara 100.000 orang yang ikut bermain. Luka itu pun cenderung di luar aktifitas fisik di luar ruangan. Assosiasi Paintball minnesota mempublikasikan bahwa statistik paint ball termasuk paling aman diantara olahraga lainnya. Pada tahun 2003 sebuah studi mengatakan RS.Saint Joao Porto menerima 24 pasian luka mata karena olahraga dari april 1999 sampai 2003 dan hanya ada terdapat 5 pasien luka mata karena olahraga paintball.

5 olahraga yang paling beresiko menyebakan luka mata justru ada pada basketball, bisbol, hockey dan tennis. Luka mata yang diakibatkan paintball disebabkan dari letak pengaturan peralatan dimana masker tidak dipakai dengan benar, Artinya permainan ini aman asalkan peralatan pelindung dipakai dengan benar dan sesuai saat pertandingan berlangsung.

Catatan tentang Paintballs:
Pemainan ini tetap berbahaya jika tidak disertai perlengkapan dan aturan jelas.
  1. Sekali kena cat,stop. Jangan maen tembak-tembakan balik, jadikan permainan yang fair
  2. Jangan maen tembak membabi buta dengan keadaan mata tertutup, lihat dengan seksama target kamu, salah salah kamu menembak vital musuh
  3. Jika bertemu berada dalam jarak dekat jangan langsung maen tembak saja, beri waktu buat musuh menyerah atau tidak. Peluru plastik dalam jarak dekat sungguh perih kalau kamu mau tau rasanya.

Related Posts



0 comments:

Post a Comment